RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan : SDN LIDAH WETAN 2 / 462
Kelas/ semester :IV / 1
Mata pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi :
1.1 Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya serta pemeliharaannya
B. Kompetensi Dasar :
1.1.3 Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indra dan fungsinya
C. Indikator
1. Menyebutkan macam-macam indra
2. Mendeskripsikan pengertian alat indra
3. Mendeskripsikan fungsi dari masing-masing indra
4. Menyebutkan bagian-bagian dari setiap indra
D. Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan disediakan gambar macam-macam indra manusia, siswa dapat menyebutkan macam-macam alat indra pada manusia
2. Tanpa membuka buku, siswa dapat menjelaskan pengertian indra
3. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan fungsi dari masing-masing indra
4. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian dari setiap indra.
E. Materi Pembelajaran: “Mengenal Panca Indra Manusia”
• Alat Indra adalah alat tubuh yang berguna utuk mengetahui kedaan di luar tubuh
• Alat Indra ada lima yaitu: mata, telinga, hidung, lidah dan kulit
• Fungsi –fungsi dari masing- masing panca indra :
Mata berfungsi sebagai alat penglihatan bagi manusia
Kulit berfungsi sebagai indera peraba dan pelindug tubuh
Hidung berfungsi sebagai indera pembau dan sebagai jalan pernapasan
Lidah berfungsi sebagai indera pengecap untuk merasakan berbagai rasa
Telinga berfungsi sebagai indera pendengar
• Bagian - bagian dari panca indra :
1.
Indra penciuman beserta bagiannya
2.
Indra pendengaran beserta bagian-bagiannya
3.
Indra penglihatan beserta bagian-bagiannya
4.
Indra peraba beserta bagian-bagiannya
5.
Indra pengecap beserta bagian-bagiannya
F. Model dan Metode pembelajaran:
a. Model : pembelajaran langsung
b. Metode : diskusi, tanya jawab,ceramah
G. Langkah-Langkah Pembelajan:
Kegiatan (waktu) Fase Peran Guru
Pendehuluan
(5 menit) Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa • Guru membuka pelajaran dengan salam
• Guru mengecek kesiapan siswa misalnya mengatur posisi duduk
• Memotifasi siswa:
Guru bersama siswa menyanyikan sebuah lagu yang berjudul “Ayo Kawan Mari Belajar Bermacam alat indra”
• Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang isi lagu
1. Ada berapa macam alat indra manusia pada lagu tersebut?
2. Sebutkan macam-macam alat indra yang kamu nyanyikan tadi!
• Guru meminta seorang siswa ke depan kelas, kemudian mengajukan pertanyaan: tunjukkan kepada teman-temanmu dimanakah letak alis mata dan bulu matamu!
• Menghubungkan jawaban siswa dengan pokok bahasan
• Guru memberitahukan tujuan pembelajaran dan garis-garis besar kegiatan
Inti
(60 menit) Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
• Guru memajangkan gambar panca indra
• Guru menjelaskan secara singkat materi ajar
• Guru memodelkan langkah-langkah yang harus dilakukan siswa menyelesaikan LKS
• Guru membagikan LKS kepada kelompok kerja siswa
Membimbing pelatihan • Membimbing kelompok kerja siswa dalam menyelesaikan LKS:
1. Melakukan demonstrasi mengenal alat-alat indara
2. Mengamati bagian-bagian dari masing-masing indra pada gambar
3. Membaca buku IPA tentang panca indra untuk menjelaskan fungsi bagian-bagian dari masing-masing indra
4. Memprosentasikan hasil kerja kelompoknnya
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik • Untuk mengecek pamahaman siswa guru mengajukan pertanyaan (terlampir)
• Siswa diminta untuk mengajukan pertanyaan bila belum mengerti
Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan • Guru meminta siswa menunjukan bagian-bagian dari masing-masing indra
Penutup
(10 menit) • Guru bersama siswa melakukan refleksi
• Merangkum: membantu siswa merangkum hasil belajar yang diperoleh melalui kegiatan
• Guru mengakhiri pelajaran dengan salam
H. Alat/Bahan dan Sumber Bahan
a) Alat/bahan:
1. Gambar panca indra
2. LKS
b) Sumber bahan
1. Buku IPA Kelas IV Semester I Penerbit Erlangga
I. Penilaian
1. Penilaian proses :
Dilakukan selama proses pembelajaran terutama pada saat mengerjakan LKS dalam kelompok
Instrumen penilaian proses kelompok
No Nama kelompok Aspek yang di nilai skor NA
ketepatan Kerjasama Tanggung jawab disiplin
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
Keterangan :
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
2. Penilaian hasil
Pemahaman siswa
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar
1) Sebutkanlah macam-macam panca indra
2) Jelaskan pengertian dari panca indra
3) Sebutkan fungsi dari masing-masing panca indra
4) Sebutkan bagian-bagian dari indra penglihatan
5) Sebutkanlah bagian-bagian dari indra pembau
6) Sebutkan bagian-bagian dari lidah
7) Sebutkan bagian-bagian dari indra pendengar
8) Sebutkan bagian-bagian dari kulit
(RPP)
Satuan pendidikan : SDN LIDAH WETAN 2 / 462
Kelas/ semester :IV / 1
Mata pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
A. Standar Kompetensi :
1.1 Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya serta pemeliharaannya
B. Kompetensi Dasar :
1.1.3 Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indra dan fungsinya
C. Indikator
1. Menyebutkan macam-macam indra
2. Mendeskripsikan pengertian alat indra
3. Mendeskripsikan fungsi dari masing-masing indra
4. Menyebutkan bagian-bagian dari setiap indra
D. Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan disediakan gambar macam-macam indra manusia, siswa dapat menyebutkan macam-macam alat indra pada manusia
2. Tanpa membuka buku, siswa dapat menjelaskan pengertian indra
3. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan fungsi dari masing-masing indra
4. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian dari setiap indra.
E. Materi Pembelajaran: “Mengenal Panca Indra Manusia”
• Alat Indra adalah alat tubuh yang berguna utuk mengetahui kedaan di luar tubuh
• Alat Indra ada lima yaitu: mata, telinga, hidung, lidah dan kulit
• Fungsi –fungsi dari masing- masing panca indra :
Mata berfungsi sebagai alat penglihatan bagi manusia
Kulit berfungsi sebagai indera peraba dan pelindug tubuh
Hidung berfungsi sebagai indera pembau dan sebagai jalan pernapasan
Lidah berfungsi sebagai indera pengecap untuk merasakan berbagai rasa
Telinga berfungsi sebagai indera pendengar
• Bagian - bagian dari panca indra :
1.
Indra penciuman beserta bagiannya
2.
Indra pendengaran beserta bagian-bagiannya
3.
Indra penglihatan beserta bagian-bagiannya
4.
Indra peraba beserta bagian-bagiannya
5.
Indra pengecap beserta bagian-bagiannya
F. Model dan Metode pembelajaran:
a. Model : pembelajaran langsung
b. Metode : diskusi, tanya jawab,ceramah
G. Langkah-Langkah Pembelajan:
Kegiatan (waktu) Fase Peran Guru
Pendehuluan
(5 menit) Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa • Guru membuka pelajaran dengan salam
• Guru mengecek kesiapan siswa misalnya mengatur posisi duduk
• Memotifasi siswa:
Guru bersama siswa menyanyikan sebuah lagu yang berjudul “Ayo Kawan Mari Belajar Bermacam alat indra”
• Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang isi lagu
1. Ada berapa macam alat indra manusia pada lagu tersebut?
2. Sebutkan macam-macam alat indra yang kamu nyanyikan tadi!
• Guru meminta seorang siswa ke depan kelas, kemudian mengajukan pertanyaan: tunjukkan kepada teman-temanmu dimanakah letak alis mata dan bulu matamu!
• Menghubungkan jawaban siswa dengan pokok bahasan
• Guru memberitahukan tujuan pembelajaran dan garis-garis besar kegiatan
Inti
(60 menit) Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
• Guru memajangkan gambar panca indra
• Guru menjelaskan secara singkat materi ajar
• Guru memodelkan langkah-langkah yang harus dilakukan siswa menyelesaikan LKS
• Guru membagikan LKS kepada kelompok kerja siswa
Membimbing pelatihan • Membimbing kelompok kerja siswa dalam menyelesaikan LKS:
1. Melakukan demonstrasi mengenal alat-alat indara
2. Mengamati bagian-bagian dari masing-masing indra pada gambar
3. Membaca buku IPA tentang panca indra untuk menjelaskan fungsi bagian-bagian dari masing-masing indra
4. Memprosentasikan hasil kerja kelompoknnya
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik • Untuk mengecek pamahaman siswa guru mengajukan pertanyaan (terlampir)
• Siswa diminta untuk mengajukan pertanyaan bila belum mengerti
Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan • Guru meminta siswa menunjukan bagian-bagian dari masing-masing indra
Penutup
(10 menit) • Guru bersama siswa melakukan refleksi
• Merangkum: membantu siswa merangkum hasil belajar yang diperoleh melalui kegiatan
• Guru mengakhiri pelajaran dengan salam
H. Alat/Bahan dan Sumber Bahan
a) Alat/bahan:
1. Gambar panca indra
2. LKS
b) Sumber bahan
1. Buku IPA Kelas IV Semester I Penerbit Erlangga
I. Penilaian
1. Penilaian proses :
Dilakukan selama proses pembelajaran terutama pada saat mengerjakan LKS dalam kelompok
Instrumen penilaian proses kelompok
No Nama kelompok Aspek yang di nilai skor NA
ketepatan Kerjasama Tanggung jawab disiplin
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4
Keterangan :
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
2. Penilaian hasil
Pemahaman siswa
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar
1) Sebutkanlah macam-macam panca indra
2) Jelaskan pengertian dari panca indra
3) Sebutkan fungsi dari masing-masing panca indra
4) Sebutkan bagian-bagian dari indra penglihatan
5) Sebutkanlah bagian-bagian dari indra pembau
6) Sebutkan bagian-bagian dari lidah
7) Sebutkan bagian-bagian dari indra pendengar
8) Sebutkan bagian-bagian dari kulit
Posting Komentar