RPP IPA

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan pendidikan : SDN LIDAH WETAN 2 / 462
Kelas/ semester :IV / 1
Mata pelajaran : ILMU PENGETAHUAN ALAM
Alokasi waktu : 2 x 35 menit

A. Standar Kompetensi :
1.1 Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya serta pemeliharaannya
B. Kompetensi Dasar :
1.1.3 Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indra dan fungsinya
C. Indikator

1. Menyebutkan macam-macam indra
2. Mendeskripsikan pengertian alat indra
3. Mendeskripsikan fungsi dari masing-masing indra
4. Menyebutkan bagian-bagian dari setiap indra

D. Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan disediakan gambar macam-macam indra manusia, siswa dapat menyebutkan macam-macam alat indra pada manusia
2. Tanpa membuka buku, siswa dapat menjelaskan pengertian indra
3. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan fungsi dari masing-masing indra
4. Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian dari setiap indra.

E. Materi Pembelajaran: “Mengenal Panca Indra Manusia”
• Alat Indra adalah alat tubuh yang berguna utuk mengetahui kedaan di luar tubuh
• Alat Indra ada lima yaitu: mata, telinga, hidung, lidah dan kulit
• Fungsi –fungsi dari masing- masing panca indra :
 Mata berfungsi sebagai alat penglihatan bagi manusia
 Kulit berfungsi sebagai indera peraba dan pelindug tubuh
 Hidung berfungsi sebagai indera pembau dan sebagai jalan pernapasan
 Lidah berfungsi sebagai indera pengecap untuk merasakan berbagai rasa
 Telinga berfungsi sebagai indera pendengar

• Bagian - bagian dari panca indra :
1.

Indra penciuman beserta bagiannya

2.

Indra pendengaran beserta bagian-bagiannya








3.

Indra penglihatan beserta bagian-bagiannya

4.

Indra peraba beserta bagian-bagiannya
5.

Indra pengecap beserta bagian-bagiannya
F. Model dan Metode pembelajaran:
a. Model : pembelajaran langsung
b. Metode : diskusi, tanya jawab,ceramah


G. Langkah-Langkah Pembelajan:


Kegiatan (waktu) Fase Peran Guru
Pendehuluan
(5 menit) Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa • Guru membuka pelajaran dengan salam
• Guru mengecek kesiapan siswa misalnya mengatur posisi duduk
• Memotifasi siswa:
Guru bersama siswa menyanyikan sebuah lagu yang berjudul “Ayo Kawan Mari Belajar Bermacam alat indra”
• Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa tentang isi lagu
1. Ada berapa macam alat indra manusia pada lagu tersebut?
2. Sebutkan macam-macam alat indra yang kamu nyanyikan tadi!
• Guru meminta seorang siswa ke depan kelas, kemudian mengajukan pertanyaan: tunjukkan kepada teman-temanmu dimanakah letak alis mata dan bulu matamu!
• Menghubungkan jawaban siswa dengan pokok bahasan
• Guru memberitahukan tujuan pembelajaran dan garis-garis besar kegiatan
Inti
(60 menit) Mendemonstrasikan pengetahuan dan ketrampilan
• Guru memajangkan gambar panca indra
• Guru menjelaskan secara singkat materi ajar
• Guru memodelkan langkah-langkah yang harus dilakukan siswa menyelesaikan LKS
• Guru membagikan LKS kepada kelompok kerja siswa
Membimbing pelatihan • Membimbing kelompok kerja siswa dalam menyelesaikan LKS:
1. Melakukan demonstrasi mengenal alat-alat indara
2. Mengamati bagian-bagian dari masing-masing indra pada gambar
3. Membaca buku IPA tentang panca indra untuk menjelaskan fungsi bagian-bagian dari masing-masing indra
4. Memprosentasikan hasil kerja kelompoknnya
Mengecek pemahaman dan memberikan umpan balik • Untuk mengecek pamahaman siswa guru mengajukan pertanyaan (terlampir)
• Siswa diminta untuk mengajukan pertanyaan bila belum mengerti
Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan dan penerapan • Guru meminta siswa menunjukan bagian-bagian dari masing-masing indra

Penutup
(10 menit) • Guru bersama siswa melakukan refleksi
• Merangkum: membantu siswa merangkum hasil belajar yang diperoleh melalui kegiatan
• Guru mengakhiri pelajaran dengan salam

H. Alat/Bahan dan Sumber Bahan
a) Alat/bahan:
1. Gambar panca indra
2. LKS


b) Sumber bahan
1. Buku IPA Kelas IV Semester I Penerbit Erlangga

I. Penilaian
1. Penilaian proses :
Dilakukan selama proses pembelajaran terutama pada saat mengerjakan LKS dalam kelompok

Instrumen penilaian proses kelompok

No Nama kelompok Aspek yang di nilai skor NA
ketepatan Kerjasama Tanggung jawab disiplin
1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4









Keterangan :
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang

2. Penilaian hasil

Pemahaman siswa

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar

1) Sebutkanlah macam-macam panca indra
2) Jelaskan pengertian dari panca indra
3) Sebutkan fungsi dari masing-masing panca indra
4) Sebutkan bagian-bagian dari indra penglihatan
5) Sebutkanlah bagian-bagian dari indra pembau
6) Sebutkan bagian-bagian dari lidah
7) Sebutkan bagian-bagian dari indra pendengar
8) Sebutkan bagian-bagian dari kulit
0 Responses