RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : III/1
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

A. Standar Kompetensi :
Membaca
3. Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan membaca dongeng.
B. Kompetensi Dasar :
Membaca
3.2 Menjelaskan isi teks (100- 150 kata) melalui membaca intensif.
C. Indikator :
1. Memahami isi teks (100- 150 kata) dengan membaca intensif
2. Menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait isi bacaan.
D. Tujuan Pembelejaran :
1. Dengan diberikan teks bacaan yang berjudul “Peduli Lingkungan Sebelum Banjir”, siswa dapat memahami isi teks.
2. Dengan diberikan teks bacaan yang berjudul “Peduli Lingkungan Sebelum Banjir”, siswa dapat menjawab minimal 5 pertanyaan terkait isi bacaan.
E. Materi Pembelajaran :
 Membaca Cepat
Bahan bacaan:
Peduli Lingkungan sebelum banjir

Siswa kelas tiga SD sidorejolor mengadakan kegiatan bersih lingkunggan. Mereka bersama-sama membersihkan sampah di got, jalan dan taman sekolah. Kegiatan ini diadakan untuk menjadikan lingkungan bersih.
Sampah yang berserakan jika dibiarkan akan menumpuk. Tumpukan sampah itu dapat menyumbat saluran air. jika saluran air tersumbat, akan terjadi bahaya besar. Jika terjadi hujan deras, air tidak dapat mengalir dengan baik. Hal ini dapat mengakibatkan banjir.
Oleh karenaitu, siswa kelas tiga membbersihkan lingkungan sekolah dari sampah. Mereka tidak ingin tenggelam karena banjir. Kegiatan siswa kelas tiga didukaung oleh semua guru. Guru-guru banggatehadap mereka. Kepala sekolah merencanakan member hadiah kepada mereka.
Membaca intensif adalah membaca dengan sungguh-sungguh. Dengan membaca intensif. Dengan membaca intensif, kamu bisa mendapatkan informasi yang lengkap.
F. Metode Pembelajaran :
 Model Pembelajaran
1. Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction)

 Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya-jawab
3. Diskusi dan kerjasama
4. Penugasan
G. Langkah-langkah Pembelajaran:
A. Kegiatan Awal (±5 menit)
1) Apersepsi : guru bertanya kepada 3-4 orng siswa siapa yang pernah membaca bacaan atau teks cerita.
2) Guru melakukan administrasi rutin (presensi, cek kebersihan, cek siswa yang belum masuk ruangan kelas) (Fase 1)
3) Guru mengadakan Kontrak Belajar /Transaksional berupa:
 Harapan: Menghimbau siswa agar belajar giat dan dapat mencapai tujuan yang diinginkan
 Komitmen untuk selalu tertib dalam menerima pelajaran
 Kesepakatan bersama pemberian reward bagi siswa maupun kelompok belajar yang berkinerja baik
4) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa (Fase 1)


B. Kegiatan Inti (±55 menit)
1) Guru menjelaskan kepada siswa tentang bagaimana mereka membaca teks bacaan secara intensif (Fase 2 )
2) Guru memberikan kesempatan kepada 4-5 orang siswa untuk menjadi contoh dengan membacakan bacaan yang telah disediakan (bacaan yang berjudul “peduli lingkungan sebelum banjir”)
3) Guru memberikan umpan balik dengan menanyakan beberapa pertanyaan terkait isi bacaan (kegiatan apa yang dilakukan oleh siswa kelas 3 SD Sidorejolor?, Apa tujuan kgiatan tersebut dilakukan?)
4) Guru membagikan bacaan kepada siswa (bacaan yang berjudul “peduli lingkungan sebelum banjir”)
5) Guru membimbing pelatihan awal dengan menyuruh siswa membaca teks cerita yang telah dibagikan. Fase 3
6) Guru mengecek (dari bangku ke bangku) apakah siswa sudah memahami dengan baik atau belum dan memberikan masukan atau umpan balik antara guru dan siswa. Fase 4
7) Guru memberikan LKS kepada setiap siswa berupa daftar pertanyaan terkait bacaan (terlampir)
8) Hasil kerja LKS dikumpulkan
9) Guru menyuruh masing-masing siswa menulis ide pokok atau gaasan utama yang ada di dalam bacaan sesuai pemahaman siswa (guru memberi umpan balik bagi siswa yang gagasan utamanya melenceng jauh dari bacaan yang diberikan.
C. Kegiatan Akhir (±10 menit)
1) Siswa dipandu oleh guru membuat kesimpulan tentang bagaiman membaca, menulis dan menentukan gagasan utama suatu bacaan.
H. Sumber Belajar dan Media.
1. Buku “Saya Senang Berbahasa Indonesia” kelas III SD, Erlangga
2. Lembar Kerja (LK) dan kuncinya.
3. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SD kelas III Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

I. Alat dan Bahan
1. Teks bacaan anak (berjudul “Peduli lingkungan sebelum banjir”)
2. ATK peserta didik
3. Kapur tulis
J. Penilaian.
1. Teknik
a. Tes
b. Unjuk kerja (Lembar Pengamatan)
2. Bentuk Instrumen
a. Tes uraian.(gagasan utama bacaan)
b. Unjuk kerja.
c. Soal.
0 Responses